Senin, 27 Juli 2015

Kekeringan : Alloh Memperingatkannya Sejak Dulu


dan sungguh akan Kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar. (QS. Al-Baqoroh ayat 155)

Sejak lama Alloh SWT sudah memperingatkan bahwa akan  memberikan cobaan berupa kekurangan pangan. Kekeringan yang terjadi saat ini semestinya bisa menjadi pelajaran bahwa ayat-ayat Al-Qur’an sangat relevan dengan kehidupan keseharian kita. Al-Qur’an tidak hanya berbicara mengenai kehidupan akhirat tetapi juga memberikan petunjuk bagaimana kita menjalani kehidupan di dunia ini.
Kekeringan yang mengakibatkan kegagalan panen bagi banyak petani di Nusantara merupakan pertanda bahwa ayat-ayat Alloh itu benar adanya. Ummat Islam wajib mengimani kondisi ini sebagai cobaan dari Alloh. Dengan mental yang kuat, Insya Alloh kita bisa melewati semua ini.

Kesabaran, itulah solusi yang diberikan Alloh untuk kita. Artinya, kita mesti sabar dalam artian sabar yang dinamis bukan statis. Sabar yang senantiasa mencari solusi bagi setiap situasi. Semoga, ini menjadi pelajaran penting bagi kemajuan peradaban manusia di masa depan.


Sumber bacaan : Tafsir Al-Qur’an Basa Sunda, Pemerintah Provinsi Jawa Barat, 1982.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar...