Jumat, 31 Juli 2015

Memilih Profesi Menurut Al-Qur'an

Ada beberapa profesi yang menandakan ketahanan suatu bangsa apabila digeluti dengan maksimal. Hal tersebut termaktub dalam Al-Qur’an, hanya saja kaum Muslimin tidak menyadari hal ini. Kita bisa melihat negara-negara maju seperti Eropa, Amerika, Jepang dan Korea bagaimana mereka sangat memaksimalkan bidang-bidang dibawah ini.

Perniagaan/Perdagangan
…Allah telah menghalalkan jual beli dan mengharamkan riba... 
(QS. AlBaqoroh ayat 275)

Pertanian/Bercocok Tanam dan Industri Manufaktur
Dan Kami jadikan padanya kebun-kebun kurma dan anggur dan Kami pancarkan padanya beberapa mata air, supaya mereka dapat Makan dari buahnya, dan dari apa yang diusahakan oleh tangan mereka. Maka Mengapakah mereka tidak bersyukur?
 (QS. Yasin ayat 34-35)

Peternakan 
Dan Kami tundukkan binatang-binatang itu untuk mereka; Maka sebahagiannya menjadi tunggangan mereka dan sebahagiannya mereka makan. Dan mereka memperoleh padanya manfaat-manfaat dan minuman…
(QS. Yasin ayat 72-73)
..dan (dijadikan-Nya pula) dari bulu domba, bulu onta dan bulu kambing, alat-alat rumah tangga dan perhiasan (yang kamu pakai) sampai waktu (tertentu).
(QS. An-Nahl ayat 80)
Dan Dia telah menciptakan binatang ternak untuk kamu; padanya ada (bulu) yang menghangatkan dan berbagai-bagai manfaat, dan sebahagiannya kamu makan. Dan kamu memperoleh pandangan yang indah padanya, ketika kamu membawanya kembali ke kandang dan ketika kamu melepaskannya ke tempat penggembalaan.
(QS. An-Nahl ayat 5-6)

Transportasi
Dan ia memikul beban-bebanmu ke suatu negeri yang kamu tidak sanggup sampai kepadanya, melainkan dengan kesukaran-kesukaran (yang memayahkan) diri. Sesungguhnya Tuhanmu benar-benar Maha Pengasih lagi Maha Penyayang,  dan (dia telah menciptakan) kuda, bagal dan keledai, agar kamu menungganginya dan (menjadikannya) perhiasan. dan Allah menciptakan apa yang kamu tidak mengetahuinya. (seperti mobil, kereta api, kapal terbang dll.)
(QS. AN-Nahl ayat 7-8)

Perikanan dan Kelautan
Dan Dia-lah, Allah yang menundukkan lautan (untukmu), agar kamu dapat memakan daripadanya daging yang segar (ikan), dan kamu mengeluarkan dari lautan itu perhiasan yang kamu pakai; dan kamu melihat bahtera berlayar padanya, dan supaya kamu mencari (keuntungan) dari karunia-Nya, dan supaya kamu bersyukur.
(QS. An-Nahl ayat 14)
Dan tiada sama (antara) dua laut; yang ini tawar, segar, sedap diminum dan yang lain asin lagi pahit. dan dari masing-masing laut itu kamu dapat memakan daging yang segar dan kamu dapat mengeluarkan perhiasan yang dapat kamu memakainya, dan pada masing-masingnya kamu Lihat kapal-kapal berlayar membelah laut supaya kamu dapat mencari karunia-Nya dan supaya kamu bersyukur.
(QS. Fathir ayat 12)

Perkapalan dan Perdagangan Internasional
Allah-lah yang telah menciptakan langit dan bumi dan menurunkan air hujan dari langit, kemudian Dia mengeluarkan dengan air hujan itu berbagai buah-buahan menjadi rezki untukmu; dan Dia telah menundukkan bahtera bagimu supaya bahtera itu, berlayar di lautan dengan kehendak-Nya, dan Dia telah menundukkan (pula) bagimu sungai-sungai.
(QS. Ibrahim ayat 32)
Allah-lah yang menundukkan lautan untukmu supaya kapal-kapal dapat berlayar padanya dengan seizin-Nya dan supaya kamu dapat mencari karunia -Nya dan Mudah-mudahan kamu bersyukur.
(QS. Al-Jatsiyah ayat 12)


Sumber bacaan: Prof. Dr. H. Mahmud Yunus. Kesimpulan Isi Al-Qur’an. Hidakarya Agung. Jakarta: 1978.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar...