Senin, 25 November 2013

Berpikir Seperti Quaker

Kaum Quaker _yang selalu bertopi panjang_ di Amerika memiliki peranan yang sangat penting dalam kemajuan negaranya. Mereka adalah para pengusaha yang menggerakan perekonomian Amerika di abad 19. Apa yang ada dalam pikiran mereka untuk membangun sebuah negara adidaya? Andrew Carnegie salah satu contohnya.

Carnergie dan Era Baja
"Diatas kesakralan properti, peradaban bergantung", begitulah yang dikatakan Andrew Carnegie (1889) seorang pengusaha asal Amerika  abad ke-19. Andrew Carnegie sangat berperan dalam pesatnya kemajuan produksi baja. Carnegie datang dari Skotlandia saat ia masih bocah berumur 12 tahun. Ia memulai kariernya dengan bekerja sebagai seorang pesuruh di pabrik kapas, yang kemudian berlanjut dengan menjadi karyawan di sebuah kantor  telegraf fan di perusahaan Pennsylvania Railroad.  Pada tahun 1856, ketika umurnya belum mencapai 30 tahun, ia sudah melakukan investasi yang sangat pintar dan berpandangan jauh ke depan. Ia berkonsentrasi pada besi. Dalam beberapa tahun saja ia sudah menguasai atau memiliki saham di perusahaan yang membangun jembatan besi, rel kereta api dan lokomotif. Sepuluh tahun kemudian, pabrik baja yang ia bangun di Sungai Monongahela di Pensylvania menjadi yang terbesar di Amerika.
Kekuasaan Carnegie tidak terbatas pada pabrik-pabrik baru saja. Ia juga menguasai bisnis batu bara dan arang, biji besi dari Danau Superior, satu armada kapal di Danau Besar, kota pelabuhan di Danau Erie, serta jalur rel kereta api yang saling berhubungan. Perusahaan Carnegie, bersama belasan perusahaan sekutunya, bisa meminta perjanjian yang menguntungkan dari perusahaan kereta api dan pelayaran. Pertumbuhan industri yang tidak tertandingi seperti ini tidak pernah terjadi sebelumnya di Amerika.
Sekalipun Carnegie lama mendominasi dunia industri, ia tidak pernah mendapatkan monopoli penuh atas sumber daya alam, transportasi, maupun pabrik industri yang terlibat dalam pembuatan baja. Pada tahun 1890-an, muncul perusahaan-perusahaan lain yang mencoba menggoyah dominasinya. Awalnya, karena terpukul dengan munculnya pesaing ini, Carnegie mengancam akan membangun kompleks bisnis yang lebih besar lagi. Tapi sekarang, di usianya yang sudah senja dan kondisi fisiknya yang menurun, ia terbujuk untuk menggabungkan perusahaannya dengan sebuah organisasi yang akhirnya akan merangkul sebagian besar pemilikan baja dan besi yang paling penting di Amerika.

Investasi Jangka Panjang: Pabrik, Angkutan, Pertanian dan Perumahan
Diantara dua perang besar, Perang Saudara dan Perang Dunia I _Amerika Serikat menjadi dewasa. Dalam periode kurang dari 50 tahun, Amerika berubah dari republik pedesaan menjadi sebuah negara perkotaan. Semua daerah liar menghilang. Pabrik-pabrik besar dan peleburan baja, jalur kereta transkontinental, kota-kota yang berkembang dan usaha pertanian besar-besaran semuanya tumbuh subur di negara ini. Pertumbuhan dan pengaruh ekonomi memunculkan juga masalah-masalah yang berkait dengannya. Secara nasional, bisnis mendominasi seluruh industri, termasuk yang berdiri sendiri maupun yang kerja sama. Kota berkembang dengan sangat cepat, maka menyediakan perumahan menjadi problem tersendiri.

(sumber: Garis Besar Sejarah Amerika, Departemen Luar Negeri AS, 2004)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar...