Senin, 25 November 2013

Berpikir Kreatif, Harus!

Berpikir kreatif adalah proses psikologis untuk selalu menemukan hal-hal baru di sekitar kita. Bagaimana prosesnya tidak saya ceritakan di sini. Hal yang akan kita bicarakan di sini adalah bagaimana berpikir kreatif itu harus ada dalam pikiran orang desa, kenapa?
Sebenarnya semua orang harus punya pikiran kreatif. Membuat, menemukan, mencipta atau memodifikasi yang sudah ada. Kurang lebih begitulah. Berpikir kreatif merupakan cara berpikir manusia pembangunan. Tanpa pemikiran ini warga desa hanya akan menjaidi pengikut dari apa yang sudah ada, tanpa perubahan. Celakanya, jika tidak berpikir kreatif warga desa hanya akan menjadi objek pembangunan bukan subjek pembangunan, tidak bisa menentukan nasibnya sendiri.
Secara kasat mata adakah bedanya orang yang berpikir kreatif dengan yang tidak? Tentu. Lihat saja bagaimana para petani yang selalu memperbaiki cara mereka bercocok tanam. Ada juga yang selalu ‘bertahan’ dengan cara-cara lama. Tidak ada kemauan untuk lebih baik dan lebih maju lagi, dan lagi. Pernah dengan prinsip Keizen, ya itulah berpikir kreatif. Selalu terus-menerus berinovasi untuk perbaikan keadaan, tidak pernah puas dengan apa yang ada sekarang.
Pola pikir  kreatif ini memang harus ditanamkan sejak dini.  Pendidikan keluarga merangsang anak untuk menjadi kreatif dengan berbagai macam permainan. Bentuk lingkungan yang bisa menunjang pembelajaran mereka. Jangan pernah terlalu mengekang anak. Awasi saja. Biarkan anak bereksplorasi dengan alam di sekitarnya. Tanah, air dan segala material di sekitarnya adalah laboratorium alam yang bisa membentuk pikiran, perilaku serta fisik mereka.
Dimasa depan anak-anak kreatif akan menjadi manusia pembangunan yang menjadikan desanya berdaya guna. Setiap  jengkal tanah leluhurnya adalah modal berharga untuk membawa bangsanya ke pentas dunia. Tidak ada kebingungan dalam melangkah karena otaknya telah terisi dengan berbagai informasi  yang siap untuk ‘dimuntahkan’. Simpul-simpul syarafnya bersinergi mengeluarkan ide-ide yang bisa membuat banyak orang berdecak kagum.
Banyak gedung, mesin atau bahkan pemerintahan yang telah mereka kembangkan. Tanpa kesemrawutan dan kelimpungan. Ekonomi akan terus tumbuh menuju angka tertinggi dalam sejarah bangsanya. Daerah tempat tinggal orang-orang kreatif akan terus tumbuh menjadi daerah industri, agribisnis atau area pariwisata. Semua bisa menjadi pendapatan bagi diri, keluarga dan daerahnya.
Orang akan berduyun-duyun mendatanginya karena mereka punya solusi dari setiap masalah yang dihadapi. Mereka punyak produk yang bisa dijual hingga lintas benua. Semuanya datang dari sebuah desa yang bahkan di peta pun tidak tertulis apa namanya. Tetapi Google Map akan menunjukan dimana letaknya karena banyak artikel di internet yang membicarakannya. Namanya harum  berkat kecerdasan warganya.
Semua yang ditulis seakan sebuah harapan besar penulis. Tetapi begitulah adanya, kenapa banyak  daerah di belahan dunia manapun menjadi buah bibir berkat kemajuannya. Semua bermula dari isi kepala warga-warganya. Era teknologi informasi membantunya menyebarkan setiap tindakan yang akan tercatat dalam sejarah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar...