Sumber : Google |
Setiap orang mempunyai cara untuk belajar dalam
memenuhi kebutuhannya akan ilmu pengetahuan. Saya sendiri mempunyai cara yang
sudah dianggap nyaman untuk dilakukan. Untuk saat ini, saya mempunyai rencana
belajar dengan tujuan untuk mendalami pengetahuan di bidang pembangunan
pedesaan. Tujuan pembelajaran ini ditetapkan sesuai dengan kebutuhan saya sebagai
orang desa yang berkeinginan untuk membangun desanya. Perlu ada bayangan
tentang bagaimana membangun masa depan pedesaan sehingga tambahan ilmu
pengetahuan menjadi suatu keharusan.
Cakupan bidang studi yang harus dimiliki adalah
arstitektur, perencanaan wilayah, ekonomi perencanaan, sejarah pembangunan,
manajemen sumberdaya manusia dan ilmu lingkungan.
Ilmu arsitektur untuk memahami bagaimana bentuk
bangunan yang sesuai dengan topografi dan kultur pedesaan. Secara sosiologis
dan antropologis, pedesaan dengan perkotaan memiliki perbedaan sehingga perlu ada
penyesuaian dalam merancang bangunan. Kesesuaian ini dimaksudkan agar tidak
mengganggu tatatanan kehidupan yang sudah ada.
Ilmu perencanaan wilayah berguna untuk memahami
bagaimana merencanakan kondisi pedesaan di masa depan. Wilayah pedesaan yang
belum memiliki rencana pembangunan jangka panjang maka sudah selayaknya orang
desa bisa memetakan potensi wilayahnya sendiri.
Ekonomi perencanaan dipelajari untuk memahami
situasi ekonomi masa depan. Dalam menyongsong kemajuan, perlu adanya
perencanaan yang baik. Pembangunan perlu adanya perencanaan yang baik. Tidak
serampangan. Dengan perencanaan, diharapkan pedesaan lebih siap menghadapi
persaingan global. Jika selama ini pedesaan terisisihkan dari pembangunan, maka
sudah saatnya orang desa memiliki perencanaan yang jelas untuk menggerakan roda
perekonomiannya.
Dalam membangun suatu wilayah, kiranya kita
perlu belajar dari tempat lain. Untuk itu, mempelajari sejarah pembangunan
daerah atau bangsa lain perlu dilakukan.
Ada banyak pelajaran yang bisa dipetik dari pola pembangunan orang lain seperti
bagaimana mereka menata industri, pemukiman, transportasi dll.. Sejarah
pembangunan jarang dipelajari karena dianggap hanya sebagai pelajaran mengingat
masa lalu. Padahal, ketika ada pelajaran yang bisa dipetik dari sana maka tidak
salah apabila orang desa pun meniru pola pembangunan yang sudah dianggap
sukses.
Pembangunan pun perlu adanya pelestarian
lingkungan. Jangan sampai lingkungan menjadi rusak karena adanya pembangunan.
Untuk itu, perlu ilmu lingkungan yang cukup bagi para agen pembangunan. Mereka
jangan hanya mengejar keuntungan materi sesaat. Pembangunan yang berkelanjutan
sudah menjadi tren di dunia untuk kehidupan generasi selanjutnya.
Dari segala teori pembangunan, kiranya
manajemen sumber daya manusia dianggap yang terpenting. Bagaimanapun, membangun
manusia harus didahulukan sebelum adanya pembangunan aspek fisik. Pembangunan
karakter manusia menjadi prioritas untuk melanjutkan pembangunan yang
berkejaran dengan waktu dan bangsa lain. Persaingan dengan bangsa lain dari
belahan dunia lain adalah suatu keniscayaan sehingga jangan sampai orang desa
hanya bisa menjadi penonton dari segala kemajuan zaman. Orang desa suatu saat
harus menjadi pemain dan memberikan pengaruh besar bagi perkembangan dunia.
Ilmu tersebut sangat berguna untuk bisa membuat
rencana jangka panjang. Rencana-rencana yang hendak disusun didasarkan pada berbagai pertimbangan. Dengan banyak asupan
pengetahuan, berbagai pertimbangan itu menjadi lebih matang. Kecakapan
seseorang merencanakan memang sangat bergantung pada seberapa banyak pengalamannya dan seberapa besar pengetahuan
yang dimiliki.
Mencari Solusi
Fokus perhatian belajar saya adalah bagaimana mencari solusi atas masalah yang
sedang dihadapi. Permasalahan
bisa saja datang dan dirasakan saat ini atau nanti di masa depan. Ketika kita
mencermati sekeliling kita maka ada rangsangan untuk berpikir bagaimana
permasalahan yang dihadapi bisa diselesaikan. Permasalahan selalu ada dan tidak
perlu diundang. Secara alamiah permasalahan akan terus timbul karena dinamisnya
kehidupan manusia. Naluri manusia terangsang untuk menghadapi permasalahan demi
kehidupan yang lebih baik dimasa depan.
Dalam belajar, ada kriteria keberhasilan atas
proses belajar yang telah dijalani. Kriteria keberhasilan itu adalah dengan
bertambahnya ilmu dan kekayaan materil. Juga, sejauhmana manusia bisa
menyelesaikan permasalahan kehidupan karena manusia solutif sajalah yang bisa bertahan
bahkan menjadi pemimpin peradaban. Memimpin peradaban bukan berarti menjadi
pemimpin formil sebagai pejabat daerah/negara tetapi orang yang bisa
mempengaruhi laju perkembangan zaman ke arah yang lebih baik.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Komentar...