Sabtu, 21 Juni 2014

Rencana Pola Belajar

Sumber : Google
Setiap orang mempunyai cara untuk belajar dalam memenuhi kebutuhannya akan ilmu pengetahuan. Saya sendiri mempunyai cara yang sudah dianggap nyaman untuk dilakukan. Untuk saat ini, saya mempunyai rencana belajar dengan tujuan untuk mendalami pengetahuan di bidang pembangunan pedesaan. Tujuan pembelajaran ini ditetapkan sesuai dengan kebutuhan saya sebagai orang desa yang berkeinginan untuk membangun desanya. Perlu ada bayangan tentang bagaimana membangun masa depan pedesaan sehingga tambahan ilmu pengetahuan menjadi suatu keharusan.
Cakupan bidang studi yang harus dimiliki adalah arstitektur, perencanaan wilayah, ekonomi perencanaan, sejarah pembangunan, manajemen sumberdaya manusia dan ilmu lingkungan.
Ilmu arsitektur untuk memahami bagaimana bentuk bangunan yang sesuai dengan topografi dan kultur pedesaan. Secara sosiologis dan antropologis, pedesaan dengan perkotaan memiliki perbedaan sehingga perlu ada penyesuaian dalam merancang bangunan. Kesesuaian ini dimaksudkan agar tidak mengganggu tatatanan kehidupan yang sudah ada.
Ilmu perencanaan wilayah berguna untuk memahami bagaimana merencanakan kondisi pedesaan di masa depan. Wilayah pedesaan yang belum memiliki rencana pembangunan jangka panjang maka sudah selayaknya orang desa bisa memetakan potensi wilayahnya sendiri.
Ekonomi perencanaan dipelajari untuk memahami situasi ekonomi masa depan. Dalam menyongsong kemajuan, perlu adanya perencanaan yang baik. Pembangunan perlu adanya perencanaan yang baik. Tidak serampangan. Dengan perencanaan, diharapkan pedesaan lebih siap menghadapi persaingan global. Jika selama ini pedesaan terisisihkan dari pembangunan, maka sudah saatnya orang desa memiliki perencanaan yang jelas untuk menggerakan roda perekonomiannya.
Dalam membangun suatu wilayah, kiranya kita perlu belajar dari tempat lain. Untuk itu, mempelajari sejarah pembangunan daerah atau bangsa  lain perlu dilakukan. Ada banyak pelajaran yang bisa dipetik dari pola pembangunan orang lain seperti bagaimana mereka menata industri, pemukiman, transportasi dll.. Sejarah pembangunan jarang dipelajari karena dianggap hanya sebagai pelajaran mengingat masa lalu. Padahal, ketika ada pelajaran yang bisa dipetik dari sana maka tidak salah apabila orang desa pun meniru pola pembangunan yang sudah dianggap sukses.
Pembangunan pun perlu adanya pelestarian lingkungan. Jangan sampai lingkungan menjadi rusak karena adanya pembangunan. Untuk itu, perlu ilmu lingkungan yang cukup bagi para agen pembangunan. Mereka jangan hanya mengejar keuntungan materi sesaat. Pembangunan yang berkelanjutan sudah menjadi tren di dunia untuk kehidupan generasi selanjutnya.
Dari segala teori pembangunan, kiranya manajemen sumber daya manusia dianggap yang terpenting. Bagaimanapun, membangun manusia harus didahulukan sebelum adanya pembangunan aspek fisik. Pembangunan karakter manusia menjadi prioritas untuk melanjutkan pembangunan yang berkejaran dengan waktu dan bangsa lain. Persaingan dengan bangsa lain dari belahan dunia lain adalah suatu keniscayaan sehingga jangan sampai orang desa hanya bisa menjadi penonton dari segala kemajuan zaman. Orang desa suatu saat harus menjadi pemain dan memberikan pengaruh besar bagi perkembangan dunia.
Ilmu tersebut sangat berguna untuk bisa membuat rencana jangka panjang. Rencana-rencana yang hendak disusun didasarkan pada  berbagai pertimbangan. Dengan banyak asupan pengetahuan, berbagai pertimbangan itu menjadi lebih matang. Kecakapan seseorang merencanakan memang sangat bergantung pada seberapa banyak  pengalamannya dan seberapa besar pengetahuan yang dimiliki.
Mencari Solusi
Fokus perhatian belajar saya adalah  bagaimana mencari solusi atas masalah yang sedang dihadapi. Permasalahan bisa saja datang dan dirasakan saat ini atau nanti di masa depan. Ketika kita mencermati sekeliling kita maka ada rangsangan untuk berpikir bagaimana permasalahan yang dihadapi bisa diselesaikan. Permasalahan selalu ada dan tidak perlu diundang. Secara alamiah permasalahan akan terus timbul karena dinamisnya kehidupan manusia. Naluri manusia terangsang untuk menghadapi permasalahan demi kehidupan yang lebih baik dimasa depan.
Dalam belajar, ada kriteria keberhasilan atas proses belajar yang telah dijalani. Kriteria keberhasilan itu adalah dengan bertambahnya ilmu dan kekayaan materil. Juga, sejauhmana manusia bisa menyelesaikan permasalahan kehidupan karena manusia solutif sajalah yang bisa bertahan bahkan menjadi pemimpin peradaban. Memimpin peradaban bukan berarti menjadi pemimpin formil sebagai pejabat daerah/negara tetapi orang yang bisa mempengaruhi laju perkembangan zaman ke arah yang lebih baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar...