Jumat, 31 Juli 2020

Peran Orang Kaya di Desa


Di Eropa
Sumber: palingseru.com

Menjadi orang kaya di desa bukan hanya terpandang secara status sosial tetapi juga memiliki peran yang krusial. Dalam tatanan sosial, orang kaya di desa bisa memegang kendali pembangunan sekaligus membawa lingkungan di sekitarnya menuju kemakmuran.

Menjadi kaya, bukan berarti harus bersikap feodal. Menjadi kaya bukan berarti menindas orang-orang di sekitarnya. Harta berupa tanah atau properti lainnya, malah menjadi modal dasar bagi bergerak ekonomi menuju kesejahteraan bersama.

Saya selalu melihat orang kaya bukan sekedar ketimpangan kasta tetapi sebuah peran yang diberikan Tuhan dalam pembangunan. Tanpa orang kaya, sulit rasanya ekonomi bergerak. Setidaknya, para orang kaya bisa menanamkan modalnya untuk membuka lebih banyak lapangan kerja.

Apabila orang kaya ini "diam saja" dalam artian tidak menggunakan hartanya untuk pembangunan, maka tidaklah heran harta itu bukannya bertambah malah menghilang begitu saja.

Negara tidak terlalu bisa diharapkan dalam usaha pembangunan. Justru orang kaya inilah yang memiliki peran kunci bahkan lokomotif pembangunan itu sendiri.

Menyokong orang kaya untuk terus berkarya perlu dilakukan oleh siapa saja. Karena orang kaya pun bisa "malas" untuk menambah kekayaannya. Ada banyak orang kaya atau keturunannya tidak punya motifasi lagi untuk mengembangkan kekayaannya.

Banyak orang kaya yang kebingungan dengan kekayaannya. Bukannya dikembangkan, malah dihambur-hamburkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar...