Jumat, 18 Oktober 2013

Darimana Kepercayaan Diri Itu Datang?



Pertama, kepercayaan diri kita datang dari Alloh sebagai Yang Maha Pemberi. Dengan doa yang kita panjatkan dan ikhtiar untuk memantapkan hati maka kepercayaan diri itu akan datang. Ketika hati dan pikiran kita berharap akan datangnya perasaan itu maka perasaaan itu tumbuh secara alami.
Kedua, kepercayaan diri timbul karena paradigma kita tentang manusia dan lingkungannya begitu luas. Ketika cara pandang kita begitu sempit akan arti kehidupan ini maka biasanya tidak ada rasa percaya diri dalam hati kita untuk menghadapi berbagai kemungkinan. Mari kita lihat bahwa manusia di manapun dan kapanpun memiliki peran unik yang masing-masing berbeda. Ada orang kaya, orang terpelajar, petani, presiden dan sebagainya hanyalah sebagai peran manusia dalam kehidupannya. Peran apakah yang sedang kita mainkan maka itulah kita dan tidak harus merasa rendah atau minder. Tetapi, kita pun jangan menjadi superior akan peran kita yang ‘terlihat lebih tinggi’ dengan orang lain.
Ketika kurang percaya diri ada dalam diri kita maka berlatihlah untuk meningkatkannya. Bergaullah dengan orang-orang yang bisa memberikan motifasi bagi kita. Visi kehidupan kita yang jauh ke depan serasa bisa teraih jika dikelilingi oleh orang-orang terbaik dalam kehidupan kita. Seperti pelajaran IPA waktu SMP, makhluk hidup itu terbentuk secara fisiologi dan morfologi sebagian besar karena pengaruh lingkungan dan sebagian kecilnya saja karena faktor genetik.
Ketiga, berpikirlah positif, artinya apa yang kita takutkan tidak akan terjadi. Ada orang yang memiliki kepercayaan diri tinggi karena apa yang dia miliki secara materi dan ada juga karena apa yang ada dalam hati dan pikirannya. Sekali lagi, tergantung paradigma. Belenggu setan yang ada dalam pikiran kita perlu disingkirkan karena semua itu mempengaruhi rasa percaya diri kita. Pikiran-pikiran negatif itu harus dibersihkan dengan istighfar dan menambah pengetahuan. Ternyata, semakin banyak tahu akan arti kehidupan ini maka tingkat kepercayaan diri orang akan meningkat. Tidak sedikit orang yang memancarkan kepercayaan diri dalam kesehariannya karena dia tahu apa yang akan dia lakukan.Dia tidak takut  dan selalu yakin akan keberhasilannya di masa depan. Para ulama, ilmuwan, wirausahawan, atlit adalah orang-orang yang penuh dengan kepercayaan diri karena dalam pikirannya adalah kemajuan dan pikiran positif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar...