Jumat, 18 Oktober 2013

Imperium



Carlos Slim Helu
Majalah Forbes masih menempatkan Carlos Slim Helu sebagai orang terkaya di dunia tahun 2011. Setelah tahun sebelumnya menempati peringkat yang sama, Carlos kembali terpilih menjadi orang terkaya nomor 1 sejagat. Dengan berbagai usaha yang dia lakukan, dalam usia yang sudah tidak muda lagi dia bisa meraih kesuksesan luar biasa. Pria Meksiko ini sungguh hebat dan tidak pantang menyerah. Keinginannya yang kuat mengantarkannya pada posisi seperti sekarang ini.
Usaha seorang manusia untuk mewujudkan perusahaan raksasa merupakan hal luar biasa yang patut kita tiru. Saking besarnya kerajaan bisnis yang dia bangun, maka selayaknya bisa disebut sebagai 'imperium'. Di dunia ini, banyak orang yang memiliki imperium bisnis dengan aset super banyak. Dari sekian banyak yang saya amati, ternyata mereka memiliki pola yang kurang lebih sama jika dilihat dari strategi bisnis yang mereka jalankan.
·         Para biliuner ini senantiasa 'menguasai' sektor-sektor penting di masyarakat. Mulai dari kebutuhan sandang, papan, pangan, infrastruktur, energi, komunikasi hingga keuangan.
·         Mereka menginvestasikan banyak uangnya untuk bisnis yang berorientasi masa depan. Pandangannya yang jauh ke depan mengantarkan mereka pada masa depan yang jauh lebih baik dari sebelumnya.
·         Para taipan ini adalah tipe orang-orang yang pandai membaca situasi. Pengetahuan mereka yang luas mencoba menerawang masa depan dunia dan percaya akan apa yang mereka pikirkan.
Kekuatan modal yang dimiliki ternyata tidaklah menjadi satu-satunya faktor yang mendorong mereka menjadi lebih kaya dan terus kaya. Ada banyak faktor X yang sulit untuk diukur dimana kesuksesan datang begitu saja dengan sendirinya. Namun, satu yang pasti bahwa kesuksesan mereka adalah atas izin Alloh SWT.
Menilik pelajaran di atas, tidaklah salah kalau saya ingin mengivestasikan banyak hal untuk merancang masa depan yang lebih mapan. Kita investasikan energiyang dimiliki pada sektor-sektor penting di masyarakat. Memang, investasi jangka panjang tidak akan terasa untungnya dalam waktu singkat. Namun, pada kenyataannya investasi masa depan mampu menciptakan imperium bisnis yang sulit untuk dirobohkan.
·         Jangan lupa tanah dan segala potensinya harus dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya.
·         Kemudian sumberdaya manusia yang berkualitas harus kita persiapkan.
·         Apa yang menjadi kebutuhan utama manusia maka itulah sektor yang akan kita rambah.
·         Faktor-faktor penunjang keberhasilan usaha senantiasa diperhatikan, malah menjadi fokus perhatian.
·         Persiapkan kebutuhan keuangan yang memadai.
·         Mendirikan kantor khusus penelitian dan pengembangan sepertinya penting dan tidak boleh dilupakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar...