Sabtu, 12 Oktober 2013

Infrastruktur Itu Penting



Membangun jalan desa

Memang benar, banyak para ahli yang bilang jikalau infrastruktur itu penting. Pembangunan jalan, irigasi dan semua infrastruktur yang menunjang kegiatan sosial ekonomi bisa menjadi penyangga dan stimulan denyut nadi perekonomian dalam suatu waktu dan tempat tertentu. Ada banyak contoh dari kemajuan ekonomi senantiasa ditunjang oleh infrastruktur yang maju pula.
Konsep itu aku coba terapkan di rumah dalam sekala kecil. Aku persiapkan kandang, kolam, area tanam dan beberapa peralatan untuk menunjang laju perekonomian keluarga. Apa yang telah dilakukan sangat terasa manfaatnya. Ketika membangun infrastruktur terlebih dahulu maka kita tidak kerepotan ketika sumber-sumber ekonomi kita mengalami perkembangan. Misalnya, anak ayam yang baru menetas sudah siap dengan kandangnya begitu pun bibit cabai sudah siap dengan potnya.
Membangun infrastruktur _dalam sekala kecil ataupun lebih besar_ perlu kerja yang lebih keras dibandingkan ketika infrastruktur itu sudah ada. Tidak hanya itu, pola pikir yang jauh ke depan pun lebih diperlukan ketika merumuskan pembangunan yang akan berlangsung. Dalam membangun infrastruktur, kita tidak harus tergesa-gesa menerima hasil dari kerja keras kita. Bahkan, anggaplah ini sebagai investasi jangka panjang yang akan terasa keuntungannya di masa depan.
Para pembangun ini bukanlah tipe orang yang berpikiran instan. Mereka selalu merasakan pentingnya membangun karena dengan membangun masyarakat akan memperoleh manfaat jauh lebih besar. Waktu yang dialokasikan untuk membangun lebih banyak dibandingkan untuk menggunakan hasil pembangunan. Mereka orang-orang cerdas yang membuat sesuatu yang tidak ada menjadi ada. Para pembangun ini adalah manusia kreatif _si pencipta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar...